Yang Palsu yang Diminati

Saya aslinya malas membahas soal ini, tapi belakangan banyak sekali ‘kantor berita’ baru yang seperti ingin mengejar ketertinggalannya dari media lain mencoba meraih perhatian pengguna internet dengan judul ataupun lead berita yang … hm … apa ya, bombastis. Apa aja situs tersebut? Saya gak sempat mendata soal itu, tapi cobalah amati sesekali isi linimasa media sosial belakangan ini. (Hampir) setiap orang ingin menunjukkan kekinian mereka, sehingga gampang terpancing untuk menyebarkan tautan berita yang memiliki judul luar bisa seru padahal bisa saja isi beritanya tidak sesuai dengan judul atau pun lead, dan yang lebih mengerikan, sengaja menggiring opini (pembaca).

Selayaknya kita tahu lah situs mana saja atau tepatnya berita macam apa yang memiliki berita bukan produk jurnalistik. Belakangan, banyak saya lihat muncul situs berita asing yang berlabel Indonesia; cnnindonesia.com salah satunya. Situs ini merupakan ‘anak kandung” situs berita kelas dunia CNN dimana hal ini bisa dilihat dari disclaimer pada bagian bawah situs resmi mereka:

© 2015 Trans Media, CNN name, logo and all associated elements (R) and © 2015 Cable News Network, Inc. A Time Warner Company. All rights reserved. CNN and the CNN logo are registered marks of Cable News Network, Inc., displayed with permission.

Jadi bisa dipastikan mereka membeli hak penggunaan merek CNN, dalam artian ini juga berarti mereka patuh pada aturan CNN yang merupakan media yang disegani di dunia.

Yang menjadi perhatian saya beberapa hari ini adalah munculnya situs nbcindonesia.com. Saya pertama curiga dengan logo yang dipakai. Itu bukan logo NBC! lalu sedikit buka-buka, saya makin yakin kalau situs ini adalah salah satu situs yang saya 99% sulit percaya pada apa yang mereka beritakan. Kenapa? Coba cari di situs mereka, adakah daftar redaksi? Di mana kantornya?  Dan yang bisa dipastikan 100%: Mereka bukan bagian dari NBC. Entahlah apa tujuan mereka memakai nama NBC, saya malas menduga.

nbcindonesia.com

Halaman ‘tentang NBC Indonesia’ di situs mereka pun hanya memuat hal-hal seperti gambar diatas. Alamat email kontak pun memakai gmail.com, sesuatu yang ‘haram’ dilakukan oleh perusahaan besar (bayangkan, saya yang semenjana saja menggunakan email dengan domain khusus).

Pada titik ini, saya makin percaya bahwa orang indonesia memang menyukai sesuatu yang KW (palsu). Ya, saya juga sering belanja barang KW sehingga makin menegaskan praduga 😀

Pada titik ini juga, saya menyimpulkan untuk hanya membaca berita dari situs-situs milik kantor berita yang sudah berumur lebih dari 10 tahun dan memiliki jajaran redaksi yang jelas semacam kompas.com, tempo.co, dan lainnya.

PS: Coba bandingkan situs resmi NBC seperti terlihat pada gambar paling atas dengan situs NBC Indonesia.

 

10 thoughts on “Yang Palsu yang Diminati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *